Makalah Sejarah Tentang Perkembangan Peradaban Mesopotamia

Share on :

KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat, rahmat serta karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan dan menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin.
Makalah ini di buat sebagai salah satu tugas saya dalam mata kuliah sejarah asia barat daya. Tujuan makalah ini adalah untuk mempermudah pemahaman si pembaca dan dapat dimengerti. Penyajian makalah ini pun dikemas dan bervariasi.
Namun ibarat pepatah mengatakan “tiada gading yang tak retak” begitu pun makalah ini dibuat tentu saja masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyajian. Untuk itu, saya sebagai penyusun makalah ini saya mohon maaf apabila dalam penyajian terdapat kekurangan dan kesalahan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi anda yang menggu-nakannya.

Bayah,    Januari 2009
Penulis


ITA AMELIA


DAFTAR ISI


Hal
JILID.................................................................. i
KATA PENGANTAR.................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN .................................... 1
A.            Latar Belakang Masalah................................. 1
Peradaban Lembah sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia)
1.            Letak Geografis.............................................. 1
2.            Penduduk dan Masyarakat.................................. 1
3.            Aksara.................................................. 1
4.            Pemerintahan Mesopotamia.......................... 1
B.            Rumusan Masalah........................................... 2
1.            Keadaan Daerah Mesopotamia........................... 2

BAB II KERAJAAN – KERAJAAN YANG PERNAH MENGUASAI WILAYAH    3
A.            Kerajaan Sumeria ..................................... 3
B.            Kerajaan Persia ................................. 3
C.            Kerajaan Akkadia................................... 3
D.            Kerajaan Assyria ......................................... 4

BAB III PENUTUP .......................................... 5
A.            Kesimpulan .................................. 5
B.            Saran .................................................... 5


BAB I
PENDAHULUAN


A.            Latar Belakang Masalah
Peradaban Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris (Mesofotamia)
1.             Letak geografis
Daerah itu sekarang terletak di daerah irak. Mesopotamia berarti daerah yang terletak diantara dua aliran sungai yaitu sugai eufrat, dan sungai tigris. Daerah yang terletak diantara dua aliran sungai tersebut merupakan daerah yang subur. Diluar itu terbentang daerah gurun, yitu gurun hamad dan gurun nafud. Disebelah timurnya terdapat pegunungan elbrus dan kurdistan.
2.             Penduduk dan Masyarakat
Daerah disekitar mesopotamia didiami oleh bangsa – angsa yang termasuk rumpun bangsa semit, kehidupannya bersifat romadik.
3.             Aksara
Orang sumeria sudah mengenal abjad yang berupa huruf paku, huruf paku itu ditemukan pada sebuah prasasti yang berisi tentang hukum dan UU yang berlaku untuk mengatur kerajaan UU dan peraturan – peraturan hukum itu disebut UU hammurabi.
4.             Pemerintahan Mesopotamia
Mesopotamia terdiri dari beberapa negara kota. Negara kota adalah seorang raja merangkap sebagai kepala agama. Raja mengatur perekonomian dan memimpin pasukannya ke medan perang, sehingga peranan raja sangat penting.


B.           Rumusan Masalah
1.             Keadaan Daerah Mesopotamia
Letak daerah mesopotamia ssangat baik. Daerah itu berkembang menjadi pusat perdagangan antara arab di selatan dan armenia di utara. Dan antara india / persia di timur dan mesir di barat. Menjelang tahun 220 SM, daerah mesopotamia kembali terpecah belah menjadi satuan – satuan kecil dan saling berperang salah satu kota yang menjadi pusat kebudayaan ialah Babilonia (babil).


BAB II
KERAJAAN – KERAJAAN YANG PERNAH MENGUASAI WILAYAH MESOPOTAMIA

A.            Kerajaan Sumeria
Kedatangan bangsa Sumeria di daerah Mesopotamia menghadapi berbagai bentuk rintangan alam, tetapi berhasil mengatasinya.
Kemenangan ini diabadikan dengan cerita deataa (mitologi), saat Dewa merduk berhasil membinasakan dewa tiamat (dewa yang menguasai air). Bangsa Sumeria mendirikan sebuah kerajaan dengan pusat pemerintahannya terletak di kota lagash, dan selanjutnya di kota Uruk (Ur). Pada tahun 2500 SM kerajaan Sumeria berhasil dikalahkan oleh raja Akkadia yang bernama raja Sargom. Tahun 2800 SM berkembang negara-negara kota di Sumeria.

B.           Kerajaan Persia
Pada tahun 130 SM, raja Inggris menguasai sebagian daerah India bagian barat. Namun dalam pertempuran melawan bangsa tuta beliau terbunuh, dan digantikan oleh anaknya bernama Cambyness. Tahun 525 SM cambyness berhasil menaklukan negeri mesir. Setelah raja cambyness meninggal ia digantikan oleh raja Darius Di bawah pemerintahannya, kerajaan persia mencapai kejayaannya.

C.           Kerajaan Akkadia
Bangsa Akkadia termasuk rumpun bangsa sanit yang berasal di daerah padang pasir. Mereka bergerak dan dari daerah yang terletak di sebelah utara mesopotamia. Di bawah pimpinan Sargon, bangsa ini melakukan serangan dan berhasil menduduki daerah mesopotamia dengan mengalahkan kerajaan sumeria.
Bangsa Akkadia memuja banyak dewa. Mereka juga memiliki cerita – serita dongeng tentang kepahlawanan, seperti cerita tentang Edopa, Etana dan Gilgamesh.

D.           Kerajaan Assyria
Bangsa Assyria yang tinggal di hulu sungai Eufrat dan tigris berhasil menguasai daerah mesopotamia. Selama beberapa tahun bangsa Assyria berjuang melawan bangsa akkadia dan Sumeria. Bangsa Assyria memenangkan peperangan atas bangsa – bangsa tersebut dan menguasai daerah mesopotamia. Bangsa Assyria juga ingin menguasai laut untuk melindungi perdagangan. Upaya ini baru berhasil sekitar tahun 750 SM.



BAB III
PENUTUP

A.            Kesimpulan
·                Administrator kota mari tahun 2400 SM, mari adalah salah satu kota besar di mesopotamia bersama Vr. Larsam dan lagash.
·                Reiief Vr. Nanshe, relief tersebut berasal dari tahun 2500 SM. Vr-Nanshe adalah raja yang membangun kota lagash
·                Tablet (lempengan terracotta) bertulis huruf paku, muncul sekitar tahun 3000 SM, sebagai cara mencatat jumlah hasil panen dan harta benda
·                Pangeran gudea, sekitar tahun 2150 SM, pangeran gudea mengendalikan pemerintahan dilagash. Ia adalah pemimpin terkahir dari dinasti Sumeria.
·                Sargon dari Akkadia. Ia menyatakan dan memerintah mesopotamia tahun 2330 – 2275 SM. Wilayah kekuasaannya mencakup Syiria sampai ke teluk persia.

B.           Saran
1.             Mahasisa
Agar lebih kreatif mengkaji ilmu pengetahuan sehingga daat mengklasifikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
2.             Dosen
Lebih profesional dalam pendidikan sehingga mampu menciptakan mahasiswa yang berkualitas baik secara iman dan taqwa.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Makalah Sejarah Tentang Perkembangan Peradaban Mesopotamia”

Poskan Komentar