Makalah Fiqih Tentang Zakat dan Hikmahnya

Share on :
KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dzat yang Maha Sempurna pencipta dan penguasa segalanya. Karena hanya dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas ini sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu tentang “Zakat dan Hikmahnya”. Dengan harapan semoga tugas ini bisa berguna dan ada manfaatnya bagi kita semua. Amiin.

Tak lupa pula penyusun sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam proses penyusunan tugas ini, karena penulis sadar sebagai makhluk sosial penulis tidak bisa berbuat banyak tanpa ada interaksi dengan orang lain dan tanpa adanya bimbingan, serta rahmat dan karunia dari –Nya.

Akhirnya walaupun penulis telah berusaha dengan secermat mungkin. Namun sebagai manusia biasa yang tak mungkin luput dari salah dan lupa. Untuk itu penulis mengharapkan koreksi dan sarannya semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya.

xxx, Nopember 2007

Penyusun

DAFTAR ISI

Hal

Jilid.......................................................................................................................... i

Kata Pengantar..................................................................................................... ii

Daftar Isi............................................................................................................... iii

ZAKAT DAN HIKMAHNYA

A. BEBERAPA MASALAH ZAKAT................................................................ 1

1. Jenis zakat yang wajib dijakati........................................................ 1
2. Masalah zakat dan hutang............................................................... 4
3. Masalah zakat dan pajak.................................................................. 4
4. Pengolahan zakat oleh Bazis........................................................... 5

B. HIKMAH ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQOH....................................... 6

1. Hikmah bagi yang melakukannya................................................. 6
2. Hikmah bagi masyarakat................................................................. 6

DAFTAR PUSTAKA

ZAKAT DAN HIKMAHNYA

A. BEBERAPA MASALAH ZAKAT
Zakat menurut bahasa searti dengan istilah “nama” (kesuburan, tambah besar), “thaharah” (penyucian). Sedangkan zakat dalam istilah syara’ adalah pemberian sesuatu yang wajib diberikan dari sejumlah harta tertentu, menurut sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya.

Zakat merupakan ajaran pokok dalam islam, sebagai rukun islam. Bahkan al-qur’an menjadikan bakat dan shalat sebagai lambang dari keseluruhan ajaran islam, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat ii sebagai berikut :

فإن تابوا وأقاموا الصلاة وآتوا الزكاة فإخوانكم في الدين ...
Artinya : “Jika mereka bertobat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama.”

Hukum membayar zakat itu adalah fardhu ‘ain yaitu wajib bagi setiap orang muslim sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh islam. Secara umum, zakat dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu; zakat mal (harta) dan zakat fitrah (jiwa).


Selanjutnya tinggal download di bawah ini !!!!!!

Komentar :

ada 0 komentar ke “Makalah Fiqih Tentang Zakat dan Hikmahnya”

Poskan Komentar