Makalah Geografi tentang Atmosfer

Share on :
ATMOSFER

Bumi terillri dari beberapa lapisan. Lapisan yang padat disebut litosfer, yang cair illsebut hidrosfer, sedangkan yang berbentuk gas (udara) disebut atmosfer.

A. Ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
1. Pengertian Atmosfer

Lapisan udara yang melindungi bumi disebut atmosfer. Atmosfer juga melindungi manusia dari sinar matahari dan meteor-meteor. Keberadaan atmosfer memperkecil perbedaan temperatur siang dan malam.Atmosfer yang meriutupi bumi menjerat panas ini sehingga lebih lambat bergerak ke ruang angkasa dan mengurangi dingin udara pada malam hari. Atmosfer juga melindungi manusia dari benda­benda langit.oDip;rkirakan bahwa a'l\nlosfer bumi mendapat gempuran ratusan milyar meteor setiap 24jam, tetapi begitu sampai di atmosfer, meteor-meteor tersebut berubah menjadi gas dan dcbu karena gesekan.

Atmosfer terdiri atas berbagai macam gas yang menycluhllnf.,'; bumi sampai pada ketinggian 1100 km di atas permukaan air laut. Gas-gas tersebut adalah nitrogen (78 %), oksigen (21 %), argon (0,9%), karbondioksida (0,03 %), dan uap air, kripton, neon, xinon, hidrogen, helium, dan Dapn sebesar 0,07 %. Gas-gas tersebut juga sangat berguna bagi manusia.

2. Lapisan Atmosfer
Hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa atmosfer terdiri atas ima lapis an, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

a. Troposfer
Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah. Ketinggian lapisan ini pada berbagai tempat berbeda-beda. Ketinggian lapisan troposfer di· daerah ekuator mencapai 16 km, di daerah lintang sedang kurang lebih 11 km, sedangkan di daerah kutub hanya mencapai 9 km. Ketinggian rata-rata lapisan troposfer adalah 12 km. Lapisan troposfer masih dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1) lapisan planetair, dengan ketinggian 0 km sampai dengan 1 km;
2) lapisan konveksi, dengan ketinggian antara 1 km sampai dengan 8 km;
3) lapisan tropopause, dengan ketinggian antara 8 km sampai dengan 12 km.

Ciri-ciri lain dari lapisan ini adalah sebagai berikut.
a. Lapisan troposfer merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengandung air (air, uap, dan es) sehingga di lapis an ini berlangsung evaporasi dan kondensasi.

b. Lapisan temp at terjadinya sirkulasi dan turbulensi seluruh bahan atmosfer. Karenanya lapisan ini menjadi satu-satunya lapisan yang mengalami pembentukan dan perubahan cuaca, seperti angin, awan, presipitasi, badai, kilat, dan guntur.

c. Suhu udara padalapisan ini turun dengan bertambahnya ketinggian. Kondisi ini disebut lapse rate. Rata-rata lapse rate seluruh dunia adalah 0,65" C 'Setiap naik 100 m dari per­mukaan laut.

d. Pada lapisan tropopause, gejala lapse rate tidak terjadi)

b. Stratosfer
Lapisan kedua dari atmosfer adalah stratosfer, Stratosfer berada pada ketinggian entara 12 km hingga 50 km. Lapisan yang membatasi troposfer dan stratosfer disebut tropopause. Lapisan stratosfer dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut.

1) Lapisan isoterm yang memiliki temperatur -500 C dan terletak pada ketinggian 35 km hingga 50 km.
2) Lapisan ozonosfer yang memiliki temperatur yang berubah-ubah antara - 50· C dal1 50· C terletak pada ke­i tinggian 35 km hingga 50 km.

Ciri-cirilain lapisan ini adalah sebagai berikut.
1) Tidak terjadi turbulensi dan sirkulasi udara pada lapisan ini.
2) Stratosfer merupakan satu-satunya lapis an yang mengan­dung gas ozon. Volume gas ozon relatif kecil, namun berperan sangat besar untuk melindungi bumi dari radiasi ulraviolet yang berlebihan. Radiasi ultraviolet (uv) yang tinggi berbahaya bagi makhluk hidup, misalnya dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia.

c. Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan udara di atas stratosfer. Batas antara lapisan stratosfer dan mesosfer disebut lapisan stratopause. Lapisan ini' berada pada ketinggian 50 km hingga 80 km. Temperatur pada lapisan ini tidak stabil, mula-mula naik dan kemudian turun ke titik minimum setelah mendekati lapisan mesopause. Pada lapisan mesosfer sebagian meteor terbakar dan terurai sehingga melindungi bumi dari hujan meteor.

d. Ionosfer (Termosfer) .
Ionosfer merupakan lapisan temp at terjadinya ionisasi atom-atom udara oleh radiasi sinar X dan sinar ultra violet yang di pancarkan oleh' radiasi sinar matahari. Lapisan ini berada pada ketinggian antara 80 km dan 375 km. Pada ionosfer terdapat lapis an inversi, yaitu lapis an yang memiliki ciri semakin tinggi dari permukaan laut, semakin tinggi pula temperatunya suhu udara pada lapis an ini dapat mencapai 17000C. Lapisan ini merupakan lapisan yang panas sehingga disebut pula sebagai lapis an termosfer.

Lapisan ionosfer berperan penting dalam bidang komunikasi. Lapisan ionosfer mampu memantulkan gelombang radio, sehingga pemancar radio yang letaknya jauh sekalipun mampu diterima daerah lain.

e. Eksosfer
Eksosfer merupakan lapisan terluar dari atmosfer, Pengaruh gaya berat pada lapisan ini sangat kecil sehingga benturan-benturan di udarajarang terjadi. Lapisan ini berada pada ketinggian antara 500 km dan 1000 km. Butiran-butiran gas pada lapisan ini berangsur-angsur meloloskan diri ke angkasa luar sehingga lapisan ini juga dinamakan disipasisfer.

Selanjutnya tinggal download di bawah ini !!!!!!

Komentar :

ada 0 komentar ke “Makalah Geografi tentang Atmosfer”

Poskan Komentar